Bata Ringan Untuk Pondasi Bangunan

Bata Ringan Untuk Pondasi Bangunan

3 menit

baca

Bata Ringan Untuk Pondasi Bangunan

Material bata ringan memang sedang populer saat ini. Walaupun bata ringan merupakan produk baru, namun bata ringan juga dapat bersaing di pasaran. Tentunya karena bata ringan memiliki banyak keunggulan yang dicari oleh konsumen. Maka dari itu bata ringan semakin populer dan makin banyak dikenal oleh para mandor atau tukang bangunan.

Fungsi dari bata ringan sendiri adalah digunakan untuk pembuatan dinding rumah, namun tahukan Anda ternyata bata ringan juga dapat digunakan sebagai pondasi rumah?

Lalu apakah benar bata ringan bisa digunakan untuk pondasi bangunan? Berikut penjelasan dari keunggulan bata ringan untuk pembangunan rumah maupun bata ringan untuk pondasi rumah.

Keunggulan Bata Ringan Untuk Pembangunan Rumah

1. Ketahanan Sekuat Beton

kelebihan bata ringan ketahanan sekuat beton

Dimensi dan bentuk bata ringan memang tidak jauh berbeda dengan batu bata konvensional, namun bata ringan memiliki bobot 3 kali lebih ringan dibandingkan dengan bata merah dan batako.

Karena terbuat dari campuran bahan yang sama dengan bahan pembuat beton, bata ringan memiliki ketahanan yang sama kuatnya dengan beton.

2. Insulator yang Baik

kelebihan bata ringan insulator yang baik

Selain memperingan dan memperkuat ketahanan bangunan, bata ringan juga mampu melindungi bangunan secara utuh.

Pori-pori di permukaan bata ringan mampu menyerap panas udara dari luar bangunan dan mempertahankan suhu dingin di dalam ruangan.

Karena bentuknya cukup solid dan padat, bata ringan juga termasuk material bangunan yang kedap suara sehingga mampu menghalau suara bising masuk ke dalam ruangan.

3. Proses Pemasangan Lebih Cepat

kelebihan bata ringan proses pemasangan cepat

Dibandingkan bata yang dicetak dengan cara tradisional, bata ringan memiliki dimensi yang lebih presisi (2mm per bata) dan tingkat kerataan permukaan yang lebih baik.

Keunggulan bata ringan ini jelas mempercepat proses pengerjaan konstruksi bangunan. Bobotnya yang ringan turut memudahkan proses pemasangan sehingga mendapatkan hasil yang lebi rapi.

4. Finishing Dinding Lebih Mudah

kelebihan bata ringan proses finishing lebih mudah

Dalam tahapan finishing pembuatan dinding, dinding yang tersusun dari bata merah perlu dilapisi dengan plester aci untuk memperhalus permukaannya.

Bata ringan telah memiliki tekstrur permukaan yang halus dan rata sehingga tidak memerlukan perlapisan yang tebal pada permukaannya.

Bahkan permukaan bata ringan bisa langsung di cat atau dibiarkan terbuka jika menginginkan tampilan dinding ekspos.

5. Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

kelebihan bata ringan menghemat biaya pembangunan rumah

Harga satuan bata ringan memang lebih mahal dari bata merah. Namun jika menggunakan bata ringan sebagai bahan untuk membangun rumah, anda bisa menghemat biaya pemakaian plester sebanyak 50 persen. Proses pemasangan bata ringan yang lebih praktis dan cepat juga dapat mengurangi biaya harian pekerja bangunan.

Apakah Bisa Bata Ringan Untuk Pondasi Bangunan?

Lalu apakah bata ringan bisa dipakai untuk pondasi bangunan? Jawabannya adalah bata ringan direkomendasikan hanya untuk dijadikan isian dari pondasi bangunan. Hal ini dikhawatirkan karena bata ringan tidak mampu menahan beban walaupun kekuatannya seperti beton. Maka dari itu bata ringan untuk pondasi rumah tidak dianjurkan, kecuali oleh orang-orang yang dapat mengakali bata ringan untuk pondasi rumah.

Untuk para konsumen yang memilih bata ringan untuk pondasi bangunan, sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu. Dilihat dari bobotnya yang ringan, memang dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan. namun apabila anda menginginkan bata ringan untuk pondasi rumah, itu tidak masalah asalkan beban yang ditanggung oleh bata ringan untuk pondasi bangunan ini tidak banyak. Beberapa orang menyarankan agar bata ringan hanya dijadikan sebagai isian dari pondasi bangunan.

Sebagai referensi, Anda bisa menonton video youtube dibawah ini tentang penerapan bata ringan untuk pondasi bangunan


banner pt nobel bangun perkasa surabaya

KUNJUNGI KANTOR KAMI

NOBEL BANGUN PERKASA SURABAYA

Jl. Simo Hilir Timur Raya 3C No. 4 Surabaya

(031) 511 63249

HUBUNGI MARKETING OFFICER

081226895252082234916555082125850133


NOBEL BANGUN PERKASA MADIUN

PERTOKOAN RADO TRADE CENTER

Jl. Kunir Ruko Rado Blok KB No 10

(0351) 477 3060

HUBUNGI MARKETING OFFICER

08127853677081249209553


NOBEL BANGUN PERKASA YOGYAKARTA

Jl. Wates KM 07 Bale Catur Sleman Yogyakarta

(0274) 282 3412

HUBUNGI MARKETING OFFICER

082133481599081330607733


NOBEL BANGUN PERKASA SEMARANG

Jl. Dempel Kidul Raya – Ruko Kav No: 1A, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang

(024) 7660 8263

HUBUNGI MARKETING OFFICER

081236884343082137626166

Tinggalkan komentar