keunggulan dan kelemahan panel lantai hebel

Keunggulan dan Kelemahan Panel Lantai Hebel

Keunggulan dan Kelemahan Panel Lantai Hebel

Di zaman yang modern sekarang ini kemajuan teknologi semakin berkembang terutama di bidang material konstruksi. Adapun material konstruksi modern yang terkenal saat ini adalah Panel Lantai Hebel.

Secara singkat, panel lantai hebel merupakan jenis material yang berfungsi untuk meningkat lantai pada bangunan dan sebagai pengganti dak cor konvensional.

Bagi anda yang berencana membuat atau merenovasi bangunan menjadi lantai dua menggunakan panel lantai hebel, anda wajib mengetahui spesifikasi, kelebihan dan kelemahan, serta tata cara perhitungannya. Dan pada artikel kali ini, kami akan membahas lengkap tentang kelebihan dan kelemahan panel lantai hebel.

Apa itu Panel Lantai Hebel?

Panel Lantai Hebel, biasa orang menyebut dak hebel, dak beton ringan, atau hebel lantai adalah bahan material bangunan yang berfungsi untuk meningkat rumah dan sebagai pengganti dak cor beton konvensional.

Panel lantai hebel dicetak dalam bentuk lembaran, terbuat dari tulangan anti karat, pasir silika dan semen berkualitas tinggi.

pengertian dak hebel panel lantai

Keunggulan dan Kelemahan Panel Lantai Hebel

Keunggulan Panel Lantai Hebel

1. Lebih Cepat

Kecepatan pemasangan dilapangan 50M2 lantai per hari hanya dengan 3 orang pekerja dikarenakan pemasangan panel lantai cukup dilebaringkan antar balok dan kolom tanpa perlu melakukan pengecoran seperti dak cor beton.

2. Hemat Waktu Tunggu Beton Kering

Jika pengecoran biasa kita harus menunggu kering material beton, sehingga perancah tidak bisa dibuka setidaknya selama 3 minggu. Dengan panel lantai hebel, waktu tunggu menjadi tidak ada. Sesaat setelah pengerjaan pemasangan panel lantai hebel selesai, pekerjaan lanjutan dilantai bawah sudah langsung dapat dilakukan.

3. Tidak Perlu Membuat Bekisting Cor

Panel lantai hebel tidak membutuhkan bekisting dan perancah selama proses pemasangan. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Menghilangkan penggunaan perancah bambu atau kayu dan juga papan bekisting.

5. Lebih Ringan

Panel lantai hebel menggunakan beton dengan density 750 s/d 850 kg/m3, dibanding dengan cara cor biasa menggunakan beton dengan berat 2400 kg/m3. Dengan kata lain, jika tebal plat lantai 12 cm, maka setiap 8 m3beban lantai berkurang 1.55 ton.

Kelemahan Panel Lantai Hebel

Beberapa kelemahan panel lantai hebel diantaranya resiko mudah ambruk jika konstruksi dasar tidak kuat, maka dari itu mempersiapkan struktur bangunan utama sangatlah wajib sebelum menggunakan panel lantai hebel. Pemasangannya pun juga membutuhkan tenaga tukang dan kuli yang sudah berpengalaman

Kelemahan lainnya adalah masalah budget dikarenakan harga panel lantai hebel terbilang mahal khususnya bagi pemilik rumah pribadi.


Kesimpulan

Panel lantai hebel merupakan inovasi terbaru sebagai pengganti dak cor beton untuk meningkat lantai rumah / gedung. Keunggulan utamanya adalah dari segi kecepatan pemasangannya ketimbang menggunakan dak cor beton.

Sedangkan kelemahan utamanya adalah dari segi persiapan struktur bangunan, tukang dan kuli yang ahli, serta budget yang “cukup” untuk pemasangannya.

Baca juga artikel perbandingan harga panel lantai hebel dan dak cor beton konvensional disini ๐Ÿ‘‰ Perbandingan Harga Panel Lantai Hebel dan Dak Cor Beton.


nobel bangun perkasa surabaya

KUNJUNGI KANTOR KAMI

NOBEL BANGUN PERKASA SURABAYA

Jl. Simo Tambaan Sekolahan No 63B Surabaya

(031) 511 63249

HUBUNGI MARKETING OFFICER

081226895252 โ€“ 082234916555 โ€“ 082125850133


NOBEL BANGUN PERKASA MADIUN

PERTOKOAN RADO TRADE CENTER

Jl. Kunir Ruko Rado Blok RA No 10

(0351) 477 3060

HUBUNGI MARKETING OFFICER

08127853677085807498222081249209553


Nobel Bangun Perkasa Yogyakarta

Jl. Wates KM 07 Bale Catur Sleman Yogyakarta

(0274) 282 3412

HUBUNGI MARKETING OFFICER

082133481599 โ€“ 082136526311 โ€“ 081330607733

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s